KEPEMIMPINAN

Posted by Pak Guru Senin, 12 Desember 2016 0 komentar
Assalamualaikum wr wb

Seorang pemimpin merupakan sosok yang sangat penting dalam berorganisasi baik formal maupun non formal. Seorang pemimpin adalah panutan  yang tahu rambu-rambu peraturan dan menjadi suri tauladan bagi para bawahannya sehingga mereka nyaman dalam bekerja.
Sebagus apapun visi, misi dan program kerja tanpa didorong kepemimpin yang baik akan menjadi sia-sia.

Teori-teori kepemimpinan menurut para ahli sangat banyak untuk dijadikan referensi 19 Teori Kepemimpinan menurut para ahli (Silakan baca sendiri...hehe). Saya tertarik dengan pendapat F. I. Munson “The Management of Man”Kepemimpinan sebagai kesanggupan atau kemampuan untuk mengatasi orang-orang yang sedemikian rupa agar mencapai hasil yang sebesar-besarnya dengan kemungkinan pergesekan yang sekecil-kecilnya dan sebesar mungkin terjalinnya kerja sama. Dari pengertian tersebut sudah sangat jelas bahwa seorang pemimpin itu harus sanggup dan mampu mengorganisir bawahannya untuk mencapai tujuan organisasi yang diinginkan dengan meminimalisir gesekan-gesekan negatif dalam organisasi tersebut.
(sruput kopi dulu, serius amat sih..hehe)

Saya juga sependapat dengan pendapat Mbah Kartini Kartono (1994), "Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan dan kelebihan disatu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan."
Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kecakapan dan kelebihan sehingga mampu mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu agar tercapainya tujuan
 Pemimpin juga adalah seorang manajer yang pandai mengatur pekerjaan atau bekerja sama dengan baik, melakukan perencanaan, memimpin dan mengendalikannya untuk mencapai sasaran.
Seorang pemimpin juga harus mempunyai kepribadian yang tangguh, akhlak terpuji dan kepribadian sederhana.

Beberapa hal yang harus dihindari oleh seorang pemimpin :
  1. Tidak mampu mengembangkan orang lain
  2. Fokus pada hasil dan mengabaikan proses/cara
  3. Tidak memiliki standar
  4. Bersikap otoriter
  5. Tidak menjadi teladan/contoh 
  6. Sombong 
  7. Menolak untuk berubah
  8. Lambat mengambil keputusan
  9. Tidak transparan
Demikian sedikit tulisan dari saya mudah-mudahan bermanfaat (sudah ngantuk nih kopi + rokonya udah abis..hehe)

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Laman